Telepon dari 188? Contact Center

Ade Khoerudin

Ade Khoerudin

Dapat Telepon dari 188 Contact Service Mau Menjebak?

Apakah Anda mendapatkan Telepon dari 188? Contact Center Telkomsel yang mau menjebak Anda. Sebaiknya cari tahu dulu sebelum Anda tergiur oleh penawarannya.

Hal ini saya tuliskan berdasarkan pengalaman yang membuat saya sedikit kecewa.

Jika Anda menerima panggilan dari 188 Contact Center / marketingnya telkomsel kemudian tidak terjawab, berungtunglah Anda.

atau Anda menerima panggilan tersebut kemudian menolak untuk migrasi dari prabayar ke pascabayar, Anda juga termasuk orang yang beruntung.

Kenapa beruntung?

Karena Anda bisa mengontrol pengeluaran dari kartu yang Anda gunakan.

Berbeda ketika Anda mengangkat telepon tersebut kemudian menyetujui untuk migrasi dari prabayar ke pascabayar kartu halo.

Setiap bulan, baik ada uang ataupun tidak ada uang, Anda harus membayar kartu tersebut sebanyak limit yang ditentukan.

Limit yang dibebankan kepada pelanggannya tergantung pengisian pulsa setiap bulan, jika Anda mengisi pulsa setiap bulan mendekati angka 100rb. Maka setiap bulan Anda harus membayar 100rb dan mendapatkan paket internet sebanyak 30GB yang dibagi menjadi dua 15GB dan 15GB.

Bagaimana jika Anda mengisi mendekati lebih dari 100rb, Anda akan mendapatkan limit 150rb yang harus Anda bayar setiap bulannya.

Sebelum Anda menyetujui dan menyatakan “YA saya setuju“. Sebaiknya Anda cari tahu dulu informasi mengenai kartu halo pascabayar ini.

Ada Telepon dari 188? Contact Center Mau Apa?

Ada Telepon dari 188 Contact Center Mau Apa

Perlu Anda ketahui ada dua sistem yang digunakan oleh provider telkomsel (mungkin yang lain juga). Pertama, PRABAYAR dan yang kedua PASCABAYAR.

Sistem Prabayar yang seperti pada umumnya, kita bisa membeli paket internet dengan pulsa semau kita. Ketika punya uang kita bisa membeli banyak, ketika tidak punya uang kita bisa hostpot ke teman.

Sedangkan ketika kita berpindah ke sistem Pascabayar, baik Anda punya uang ataupun tidak punya uang, Anda tetap harus membayar tagihan sebesar limit yang ditetapkan. Misal limit Anda 100rb, Anda harus membayar 100rb setiap bulan. Sekali lagi ingat! baik itu ada uang ataupun tidak ada uang, baik itu digunakan atau tidak digunakan.

Itulah mengapa saya katakan bagi yang tidak tergoda oleh penawaran yang diberikan oleh mbak-mbak atau mas-mas yang nelpon tersebut, Anda sangat beruntung.

Bagi yang belum menyetujui migrasi dari prabayar ke pascabayar dan masih mencari-cari informasi mengenai masalah ini. Anda berhak untuk menolak, Anda berhak untuk tidak mengangkat telepon dari 188 tersebut.

Namun apabila Anda sudah terlanjur mengaktifkan kartu prabayar Anda ke pascabayar, Anda bisa berhenti berlangganan, silahkan baca pada artikel: Cara Berhenti Berlangganan Kartu Halo Pascabayar

Sebagian orang yang ditelepon oleh nomor 188 dan terperangkap hingga mengaktifkan kartu halo pascabayar merasa kecewa.

Terkecuali nomor yang didaftarkan tersebut merupakan nomor yang Anda gunakan untuk bisnis, Anda harus merawatnya supaya tidak kehilangan konsumen yang akan menghubungi nomor tersebut. Karena kalau nomor kartu halo pascabayar Anda dinonaktifkan, kartu Anda akan diblokir dan tidak dapat digunakan lagi.

Sesuai ketentuannya, dari kartu pascabayar tidak bisa kembali lagi ke prabayar. Jadi, jika diberhentikan dari pascabayar sama dengan dengan diblokir.

Namun kabar baiknya, ada beberapa GraPARI yang dapat mengubah kartu pascabayar menjadi prabayar kembali.

Cara Mengubah Pascabayar menjadi Prabayar Kembali

Hal ini saya dapatkan dari email customer service telkomsel. Begini katanya:

Selamat malam,

Terima kasih telah menghubungi layanan pelanggan Telkomsel melalui email cs@telkomsel.co.id.

Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami. Perihal pembatalan migrasi kartuHalo tidak dapat dilakukan dinomor 6281297109704, namun jika keberatan dengan penggunaan kartuHalo, nomor sudah menjadi kartuHalo dapat diubah lagi menjadi nomor prabayar di GraPARI tertentu dengan persyaratan:

  • a. Hanya berlaku bagi nomor yang sebelumnya pernah melakukan migrasi dari prabayar menjadi pascabayar,
  • b. Lama berlangganan pascabayar tidak lebih dari 3 bulan,
  • c. Sudah pernah memiliki tagihan kartuHalo,
  • d. Tidak memiliki tunggakan yang sudah jatuh tempo,
  • e. Hanya dapat dilakukan di sebagian GraPARI.

Jika telah memenuhi kriteria, silakan mengunjungi GraPARI terpilih dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Membawa SIM Card,
  2. Membawa e-KTP asli. Apabila belum memiliki e-KTP, dapat membawa Surat Keterangan (Suket) asli dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pemerintah dan wajib melampirkan Kartu Keluarga (KK) asli,
  3. Membayar tagihan yang sudah tersedia dan berjalan, termasuk apabila memiliki paket berlangganan seperti paket data atau lainnya,
  4. Bersedia dianggap sebagai pelanggan baru dan dilakukan reset lama berlangganan serta penyesuaian kategori pelanggan,
  5. Sisa kuota paket dan Telkomsel POIN tidak dapat dipindahkan ke nomor prabayar.

Sebagai informasi tambahan, berikut lokasi GraPARI terpilih yang saat ini dapat membantu porses migrasi dari pascabayar kembali menjadi parabayar (setelah syarat dan ketentuan telah sesuai) :

  1. Alia,
  2. GTG GMP,
  3. Bassura,
  4. GTG BSD,
  5. Cikupa,
  6. BCP,
  7. Cibubur,
  8. Karawang,
  9. Dago,
  10. CSB Cirebon.

Informasi lengkap alamat dan jam pelayanan GraPARI https://www.telkomsel.com/contact-us/my-grapari .

Demikian penjelasan yang dapat saya sampaikan. Silakan menghubungi kembali apabila membutuhkan informasi, permintaan, atau keluhan lainnya.

Terima kasih untuk tetap setia menggunakan produk Telkomsel.

Kesimpulan

Nomor 188 merupakan nomor marketing telkomsel yang biasanya memberikan penawaran layanan atau promo dari telkomsel. Termasuk menawarkan migrasi dari prabayar ke pascabayar.

Dalam hal ini, Jika Anda menerima telepon dari 188, pelanggan berhak menerima atau pun menolak penawaran yang diberikan. Terlebih jika Anda tidak ingin ribet menggunakan kartu pascabayar.

Lebih baik Anda menyesal hari ini karena menolak migrasi dari prabayar ke pascabayar daripada harus menyesal dikemudian hari.

Namun jika Anda tertarik untuk migrasi ke pascabayar, sebaiknya jangan gunakan nomor lama yang telah Anda gunakan bertahun-tahun, atau nomor andalan Anda. Silahkan beli nomor baru dan aktifkan kartu halo pascabayar dengan nomor baru tersebut.

Nanti apabila Anda merasa tidak puas dengan sistem pascabayar, Anda bisa memberhentikannya dan nomor lama Anda selamat. Nomor baru yang tadi akan diblokir.

Semoga bermanfaat, jangan lupa untuk jaga diri di musim pandemi corona ini.

Ade Khoerudin wherever, do something good.
WRITTEN BY
Ade Khoerudin wherever, do something good.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *