Cara Mengatasi Aktivasi Mobile Banking BNI gagal terus

Ade Khoerudin

2 min read

Cara Mengatasi Aktivasi Mobile Banking BNI gagal terus
Advertisement

Cara Mengatasi Aktivasi Mobile Banking BNI gagal terus atau selalu muncul pesan gagal mengirim sms periksa kembali jaringan anda. Dengan menggunakan bni mobile banking, kita akan lebih mudah untuk bertransaksi dengan orang lain seperti : menransfer uang, mengecek mutasi, belanja online, beli pulsa dan yang lainya. Oleh sebab itu menggunakan bni mobile banking adalah solusi terbaik supaya tidak cape bolak balik ke bank, khususnya jika anda berada ditempat yang jauh dari cabang bank BNI.

Beberapa waktu yang lalu, aplikasi BNI mobile banking update ke versi terbaru. Hal ini membuat para pengguna merasa kesal karena harus melakukan aktivasi ulang di smartphonenya, tidak sedikit pengguna yang mengeluh karena gagal terus mengirim sms untuk mendapatkan kode
OTP.


Saya juga mengalami hal serupa, gagal terus dalam mengirim SMS untuk aktivasi. Sebelum menyalahkan aplikasi BNI Mobile banking, saya mencari problem terlebih dahulu. Ternyata kesalahan gagal mengirim sms tersebut bukan dari aplikasi melainkan kesalahan di setting pengiriman sms.

Penyebab Gagal Aktivasi Mobile Banking BNI

Inilah beberapa yang menyebabkan Anda gagal dalam melakukan aktivasi mobile banking BNI:

  1. Nomor yang sudah terdaftar pada mobile banking pulsanya tidak cukup untuk mengirim SMS, solusinya adalah melakukan pengisian pulsa.
  2. Koneksi internet yang tidak stabil, solusinya adalah dengan menggunakan WIFI atau koneksi internet lainya yang bagus. 
  3. Server aplikasi bank BNI sedang bermasalah, solusinya adalah dengan menunggu beberapa saat, kemudian coba lagi.
  4. Pengaturan manajemen aplikasi yang memblokir hak akses aplikasi, solusinya adalah dengan mengizinkan aplikasi BNI Mobile Banking mengakses semua data smartphone anda, termasuk mengirim SMS. 

Dari beberapa faktor di atas yang mempengaruhi gagalnya mengirim SMS pada saat aktivasi, ada solusi lain yang mungkin membantu anda, antara lain :

Advertisement

Mengatasi Aktivasi Mobile Banking BNI gagal terus

Mengatasi Aktivasi Mobile Banking BNI gagal terus
  • Pertama, pastikan anda mendownload BNI Mobile Banking asli yang disediakan oleh PT. BANK BNI. Jika anda menggunakan aplikasi yang tidak resmi dikhawatirkan anda akan menjadi korban phising dari orang yang tidak bertanggung jawab.
  • Kedua, download versi terbaru yang berada di playstore saat ini. Jika anda sudah mendownloadnya yang versi lama, download sekarang juga yang versi terbaru di playstore.
  • Ketiga, pastikan Nomor HP yang akan digunakan untuk aktivasi sms memiliki pulsa yang cukup. Nomor HP yang digunakan aktivasi adalah nomor hp yang sudah anda daftarkan saat pembuatan BNI Mobile Banking di CS bank. Isilah pulsa minimal 5000 atau 10000 supaya bisa mengirim sms.
  • Keempa,t perhatikan dengan baik jika anda menggunakan smarphone dual sim, ini adalah faktor yang menyebabkan saya dulu gagal waktu melakukan aktivasi. Solusinya : Lihat dan perhatikan detail pesan yang gagal atau error, apakah sms itu terkirim oleh sim yang anda gunakan untuk aktivasi atau bukan? Coba pindahkan sim yang di daftarkan ke mobile banking dari sim 2 ke sim 1. Kemudian ubah pengaturan pengiriman pesan hanya ke sim 1, atau bisa juga anda copot dulu sim card lain. Gunakan hanya satu sim card saja yang dulu pernah di daftarkan di bni mobile.
  • Kelima, gunakan internet yang baik dan stabil. Sangat disarankan untuk menggunakan wifi jika anda berada ditempat yang memiliki fasilitas wifi. Jika anda tidak berada di tempat yang berfasilitas wifi, pastikan anda menggunakan kartu yang sinyalnya kuat di daerah atau di rumah anda.
  • Keenam, ini adalah letak point yang menurut saya
    sangat penting. Yaitu : mengizinkan aplikasi mobile banking membaca semua data di smartphone kita, khususnya mengizinkan mobile banking membaca SMS. Untuk mengaktifkannya, pertama-tama anda masuk ke pengaturan / settings > Lainya > Manager aplikasi > BNI Mobile Banking. Tapi, dalam hal ini setiap semartphone pasti beda-beda cara dan tampilannya, namun kegunaan tersebut sama saja disetiap semartphone.
Mengatasi Aktivasi Mobile Banking BNI gagal terus

Pastikan anda membaca secara teliti supaya tidak mengalami gagal lagi dalam aktivasi, dan saya ingatkan sekali lagi bahwa kegagalan tersebut bukan faktor dari aplikasi BNI mobile, melainkan dari pengaturan dan beberapa faktor di atas.

Penutup

Demikianlah postingan Cara Mengatasi Aktivasi Mobile Banking BNI gagal terus, jika masih gagal setelah melakukan cara di atas, coba tulis kegagalan Anda di komentar. Saya harap bisa membantu.

Advertisement
Ade Khoerudin wherever, do something good.
WRITTEN BY
Ade Khoerudin wherever, do something good.

5 Replies to “Cara Mengatasi Aktivasi Mobile Banking BNI gagal terus”

  1. Kenapa setelah mengirim OTP tidak mendapatkan balasan dari BNI ini sudah terpotong pulsa banyak tetapi tetap tidak bisa

    1. Ada masalah dengan jaringan hp nya tidak Mas Handa?
      Biasanya setelah ada notif pesan terkirim dan pulsa terpotong, beberapa saat otomatis akan ada sms kode otp.

  2. Knp setelah saya mendapat balasan ams dgn no otp,tapi sYa tdk bisa melanjutkan pengisian otp ny, dikarenakan tdk mau ditekan alias lengket… Saya sdh mencoba ny di beberapa hp, hasil ny ttp sama..

  3. Kenapa saat melakukan validasi pengiriman uang ke sesama bni selalu muncul peringatan “1014” tidak diperkenankan menggunakan rekening debit ini, silakan pilih rekening debit lainnya. Kira2 apa penyebabnya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *