Cara Upload Vector ke Shutterstock

Indra Pramana

Indra Pramana

Cara Upload Vector ke Shutterstock agar cepat di Approve Terbaru 2020

#RajinDesain – Begini Cara Upload Vector ke Shutterstock agar cepat di Approve Terbaru 2020. Shutterstock merupakan situs penyedia fotograpi, vector, footage, musik dan lainnya.

Bukan hanya sebagai penyedia gambar dan yang lainnya, Shutterstock juga jadi tempat “mencari uang” para contributor (sebutan untuk orang yang mengupload karyanya di Microstock).

Walaupun terbilang cukup bagus untuk mendapatkan penghasilan di Shutterstock, namun tidak semudah yang kalian bayangkan. Untuk mendapatkan 5 download/hari saja adalah hal yang tidak mudah untuk didapatkan.

Jika memang kalian serius menggeluti Shutterstock, minimal sehari kalian harus bisa mengupload 5 vector/foto. Semakin banyak yang di upload setiap harinya, kemungkinan untuk didownload juga semakin besar.

Tapi, dari 5 vector/foto yang kalian upload tersebut, kemungkinan pasti tidak semuanya akan langsung di approve/terima oleh pihak Shutterstock.

Lalu, bagaimana caranya agar vector kita bisa di Approve oleh Shutterstock? Mari kita simak caranya di bawah ini.

Cara Upload Vector ke Shutterstock agar cepat di Approve

1. Siapkan File Vector

Langkah pertama tentu saja kalian harus menyiapkan file vectornya terlebih dahulu. Karena Shutterstock sudah mengubah peraturannya, dimana kalian tidak harus mengupload file vector dan jpegnya.

Tapi kalian hanya perlu mengupload file vectornya saja, dimana file vector yang diwajibkan di Shutterstock adalah file vector dengan format EPS versi 10.

Selain itu juga artboardnya harus berukuran minimal 2300x2300pixel, tidak boleh kurang tapi boleh lebih. Dan jangan lupa, jangan sampai ada yang open path ya.

Untuk cara mengeceknya apakah ada yang open path atau tidak, kalian buka file vectornya di Adobe Illustrator.

Setelah dibuka, tekan Ctrl+A untuk menyeleksi semua objek. Lalu cek di Document Info(Jika belum ada, kalian bisa mengaktifkannya di menu Window>lalu centang pada bagian Document Info).

Begini Cara Upload Vector ke Shutterstock agar cepat di Approve Terbaru 2020

Lalu akan muncul tab baru, lalu pilih strip 3 dan centang pada bagian Objects.

Cara Upload Vector ke Shutterstock agar cepat di Approve

Nah, maka disitu akan muncul keterangan Paths nya. Jika yang open nya 0, maka sudah aman.

Upload Vector ke Shutterstock agar cepat di Approve

2. Log In ke Shutterstock

Setelah kalian menyiapkan file vectornya, lalu pilih tombol Upload images berwarna merah.

3.Upload file vectornya

Disini kalian bisa menguploadnya dengan cara drag and drop atau dengan cara biasa dengan cara Select multiple files.

Karena disini saya menggunakan drag and drop jadi tinggal drag saja filenya ke kotak. Lalu tunggu hingga proses uploadnya selesai.

Kalo sudah selesai, klik tombol Next yang berwarna merah.

Jika nanti setelah menekan tombol Next masih belum ada yang muncul, maka tunggu sebentar dan anda akan disuruh untuk merefresh halaman. Nanti akan muncul seperti pada gambar dibawah ini.

Cara Upload Vector ke Shutterstock 2020

4.Melengkapi Formulir

Upload Vector ke Shutterstock

Yang perlu kalian isi hanyalah beberapa formulir saja, inilah beberapa formulir yang harus kalian isi:

Image type : ini akan otomatis memilih Illustration karena file yang di upload adalah vector.

Usage : Usage ini merupakan Batasan yang kalian berikan kepada yang mendownload vector kalian. Jika kalian memilih Commercial, maka yang download bebas menggunakan vector kalian untuk kepentingan komersil ataupun Cuma sebatas edit saja. Dan jika yang kalian pilih Editorial, maka yang download vector kalian hanya bisa menggunakannya untuk sebatas edit saja tidak bisa di komersilkan.

Tapi kali ini, kalian harus memilih pada bagian Commercial. Biar gak ribet, hehe.

Description : Pada bagian ini kalian isi dengan deskripsi yang benar-benar mendeskripsikan karya/vector kalian. Tapi dengan Batasan hanya 200huruf saja.

Categori 1 : Isi sesuai kategori karya anda masuk ke kategori yang mana.

Categori 2 : Ini sama dengan Categori 1, hanya saja pada bagian ini kalian boleh mengosongkannya.

Keywords : Seperti pada hastag di Instagram, dimana keyword menjadi salah satu unsur penting yang memungkinkan vector kalian di lihat oleh para orang lain di pencarian. Jadi isi sesuai dengan isi dari vector/karya kalian. Tenang, kalian bisa menambahkan hingga 50 keywords.

Jika kalian kebingungan dalam memilih keywordsnya, kalian bisa menggunakan Keywords Tool yang telah disediakan oleh Shutterstock.
Caranya kalian tinggal klik pada menu Keywoard Tool.

Lalu akan muncul tab baru, dan kalian hanya tinggal mengetikan sesuatu yang berhubungan dengan karya/vector kalian lalu enter dan akan muncul beberapa vector/gambar yang berkaitan dengan keywords yang kalian ketikan.

Vector ke Shutterstock

Kalian hanya perlu memilih 3 vector/gambar yang sekiranya sama dengan vector/gambar kalian, lalu klik Add All lalu klik Attach to selected. Jika kurang jelas, lihat gambar di atas.

5. Submit

Jika semuanya sudah beres maka di thumbnail gambar/vector kalian akan muncul centang biru. Itu menandakan bahwa vector/gambar kalian sudah bisa di Submit, kalian boleh mengeceknya lagi sebelum di Submit.

Jika sekiranya sudah pas, kalian tinggal Submit dan tunggu review dari pihak Shutterstock. Biasanya dalam sehari juga udah di riview, selagi menunggu kalian bisa membuat karya yang lainnya.

Itulah tutorial singkat tentang Cara Upload Vector ke Shutterstock agar cepat di Approve Terbaru, cara ini sudah sering saya gunakan dan alhamdulillah semua di Approve.

Dan kali ini, giliran kalian mencobanya. Semoga sukses.

WRITTEN BY
Indra Pramana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *