Cara Daftar BNI Mobile Banking Online

Ade Khoerudin

Ade Khoerudin

Cara Daftar BNI Mobile Banking Online Tanpa Ribet 2020

#RajinFinancial – Berikut 2 Cara Daftar BNI Mobile Banking Online Terbaru. Apakah Anda merupakan nasabah BNI yang jauh ke cabang ataupun ke bank?

Jika iya, ada kabar baik bahwa Anda dapat melakukan transaksi / transfer atau membeli barang tanpa harus pergi ke kantor cabang BNI. Yaitu dengan mendaftarkan ATM Anda ke BNI Mobile Banking.

BNI Mobile Banking merupakan fasilitas layanan perbankan yang memudahkan Anda untuk bertransaksi langsung melalui smartphone. Kita dapat bertransaksi dimanapun, kapanpun secara aman, mudah, cepat hanya lewat smartphone.

Aplikasi Mobile banking sendiri mempunyai UI yang sangat keren, ditambah UX yang memudahkan para nasabah mengakses menu pilihan. BNI Mobile Banking hadir dengan lebih fresh, user friendly dan memiliki banyak fitur baru.

Syarat untuk dapat menginstall aplikasi mobile banking ini adalah Android minimum harus versi 5.0.0 (Lollipop) dan iPhone OS (iOS) minimum harus versi 9.1. Anda dapat mengunduh aplikasi resmi BNI mobile banking di Playstore dan App Store.

Perlu Anda ketahui bahwa untuk dapat menggunakan aplikasi BNI mobile banking, kita harus registrasi / daftar terlebih dahulu. Kemudian setelah daftar kita harus melakukan aktivasi.

Jika dulu registrasi BNI Mobile banking harus dilakukan ke cabang BNI, atau Bank BNI langsung. Sekarang pada aplikasi BNI Mobile versi terbaru, kita dapat registrasi secara online tanpa perlu registrasi di cabang BNI, atau di BANK secara langsung.

Cara Daftar BNI Mobile Banking Terbaru 2020

Cara Daftar BNI Mobile Banking Terbaru 2020

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan ketika hendak mendaftar Mobile Banking BNI, yaitu cara Online langsung lewat HP dan cara Offline pergi ke Cabang Bank Terdekat.

SiRajin akan memaparkan kedua cara tersebut di bawah ini.

Cara Daftar BNI Mobile Banking Secara Online Lewat HP

Berikut langkah Daftar BNI Mobile Banking Online Lewat HP:

  1. Download dan Install Aplikasi BNI Mobile Banking pada smartphone Anda. (HARUS RESMI)
  2. Setelah install, buka aplikasi Mobile Banking tersebut.
  3. Kemudian pilih “Registrasi”.
  4. Baca syarat dan ketentuan, kemudian kalau Anda setuju dengan syarat dan ketentuan, pilih “Ya, Saya Setuju”.
  5. Di bagian ini nasabah harus mengisikan data sesuai ATM BNI yang dibuat, “Data yang diinput Nasabah harus sama dengan data Nasabah yang terdaftar di sistem BNI.” Setelah data terisi, Selanjutnya create User ID yang terdiri dari kombinasi huruf dan angka (8-12 karakter). misal: sirajinM4nd1
  6. Jika sudah mengisi semua data, klik DAFTAR
  7. Nasabah akan menerima kode notifikasi ke Email yang sesuai dengan ATM. lalu Masukkan Kode Registrasi (6 digit angka) tersebut.
  8. Jika Anda melihat logo ceklis dibawahnya bertuliskan “Selamat, user ID anda telah teregistrasi“. Maka Anda telah berhasil daftar Mobile Banking secara online.
  9. Selesai.

Langkah selanjutnya tinggal Aktivasi supaya Anda bisa menggunakan layanan aplikasi Mobile Banking BNI tersebut.

Cara Daftar BNI Mobile Banking ke Cabang BANK

Cara kedua adalah dengan bantuan costumer service, Anda harus ke cabang BANK BNI terdekat.

Sebelum berangkat ke kantor cabang BNI, pastikan Anda membawa persyaratan berikut:

  • KTP pribadi Anda
  • ATM
  • Buku Tabungan (jika bukan taplus muda)

Berikut langkah Daftar BNI Mobile Banking ke Cabang BANK:

  1. Pergi ke kantor Cabang Bank BNI terdekat di lokasi Anda.
  2. Bicara pada satpam bahwa Anda akan registrasi mobile banking, Anda akan diberi nomor antrian.
  3. Tunggu hingga nomor antrian Anda dipanggil.
  4. Jika sudah dipanggil, pergi ke costumer service sesuai loket yang dipanggil.
  5. Biasanya costumer akan menanyakan, “Selamat pagi, ada yang bisa kami bantu?”
  6. Katakan bahwa Anda akan registrasi Mobile Banking BNI. Costumer akan meminta ktp dan ATM Anda.
  7. Di sini adalah proses pengisian data sesuai ATM. Nanti Anda akan ditanya, untuk user ID nya mau apa?, tinggal Anda sesuaikan dengan kemauan.
  8. Costumer akan memberi tahu bahwa proses pendaftaran Mobile Banking Anda telah selesai. Anda akan disuruh untuk melakukan aktivasi.
  9. Selesai.

Proses aktivasi biasanya banyak yang mengalami kegagalan, itu karena ada beberapa alasan yang biasanya tidak disadari oleh nasabah.

Jika Anda masih berada dikursi costumer service, sebaiknya Anda minta petunjuk dari cs untuk melakukan aktivasi.

Cara Aktivasi BNI Mobile Banking Terbaru 2020

Setelah melakukan pendaftaran User ID BNI mobile banking, langkah selanjutnya adalah aktivasi.

Aktivasi merupakan salah satu cara BNI untuk menyingkronkan antara HP Anda dengan User BNI Mobile, setiap kali Anda ganti HP, mengunistall aplikasi BNI Mobile Banking, atau mereset HP ke pengaturan pabrik, Anda harus melakukan aktivasi kembali di smartphone ini.

Langkah ini dilakukan Bank BNI untuk mengamankan akun Anda dari orang yang tidak bertanggung jawab, satu user BNI mobile banking, hanya bisa digunakan di satu smartphone saja.

Jika Ada orang lain yang mencoba untuk mengambil alih akun BNI Mobile Banking Anda, maka dia tidak akan mendapatkan OTP saat aktivasi, dan tidak akan mungkin bisa masuk.

Cara Aktivasi BNI Mobile Banking Terbaru 2020

Persyaratan Untuk Aktivasi Mobile Banking:

  • Smartphone terinstall Mobile Banking
  • Kartu SIM yang digunakan di ATM (Nomor HP yang dipake saat daftar ATM)
  • PULSA minimal Rp 10000

Berikut langkah Aktivasi BNI Mobile Banking:

  1. Buka Aplikasi Mobile Banking BNI di smartphone Anda.
  2. Kemudian, Pilih “Masuk”.
  3. Selanjutnya silahkan Input User ID yang Anda telah buat saat Registrasi (terdiri dari kombinasi huruf dan angka). Lalu masukan juga No. Kartu Debit Anda (dibagian belakang ATM), dan Pilih Lokasi Negara tempat tinggal Anda saat ini. Pilih “Ya, KIRIM OTP” untuk melanjutkan.
  4. Tunggu hingga Anda menerima SMS Kode Aktivasi. Jika sudah menerima, silahkan masukkan Kode Aktivasi (6 digit angka) yang dikirim ke nomor handphone terdaftar Nasabah.
  5. Selanjutnya tinggal buat MPIN yang terdiri dari 6 digit angka, tidak diperbolehkan PIN default (angka urut dan kembar) dan tanggal lahir Anda.
  6. Setelah itu, buat Password Transaksi yang terdiri dari kombinasi huruf dan angka (8-12 karakter), tidak diperbolehkan mengandung unsur Nama Nasabah dan sama dengan User ID. (yang mudah ditebak). Kemudian tekan tombol “SIMPAN”.
  7. Selanjutnya silahkan login menggunakan User ID dan MPIN yang telah Anda buat.
  8. Sekarang proses aktivasi selesai, Anda dapat menggunakan mobile banking untuk melakukan transaksi, cek mutasi, saldo dan yang lainnya sekarang.
  9. Selesai.

Ada beberapa kendala yang mungkin akan Anda temukan ketika melakukan aktivasi, kadang sering gagal terus dalam proses ini.

Tips Mengatasi Aktivasi Mobile Banking BNI Gagal Terus

Apabila menemukan aktivasi gagal pada smartphone, sebaiknya Anda mencari tahu apakah penyebab terjadinya gagal.

Ada beberapa hal yang sering nasabah anggap sepele ketika melakukan aktivasi, misalkan tidak melihat kartu sim yang digunakan untuk ngirim sms otp, pulsanya tidak ada, jaringan internetnya buruk, dan lain sebagainya.

Beberapa tips ini mungkin akan sangat membantu Anda:

  1. Jika Anda menggunakan smartphone dual sim, sebaiknya matikan satu sim, pindahkan kartu sim yang terhubung dengan ATM ke sim 1 dan sim2 nya tutup sementara. Jadi yang aktif hanya sim 1, kartu yang akan digunakan untuk aktivasi.
  2. Gunakan jaringan WIFI supaya internetnya lancar, masalah jaringan juga akan menyebabkan aktivasi BNI gagal terus.
  3. Cek apakah SMS terkirim atau tidak, sebaiknya Anda cek apakah sms permintaan OTP tersebut terkirim atau tidak.
  4. Cek Pulsa, jika pulsa tidak cukup, maka proses aktivasi tidak akan pernah berhasil.
  5. Izinkan Aplikasi Mobile Banking mengakses SMS, pada saat melakukan install aplikasi, Anda akan diminta untuk mengisi permission android. Setting permission aplikasi mobile banking untuk mengizikan mengakses semuanya, terlebih sms.
  6. Atur kode pusat sms, bagi pengguna hp baru yang settingan smsnya tidak default mengikuti provider, Anda harus mengubah kode pusat SMS terlebih dahulu, sesuai dengan provider kartu yang Anda gunakan.

Kurang lebih itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika melakukan aktivasi BNI Mobile banking, Anda bisa mengikuti tips tersebut supaya berhasil melakukannya. Terlebih jika Anda pengguna hp dual sim, tips mematikan satu sim dulu sangat harus Anda lakukan jika gagal terus.

Penutup

Banyak sekali fitur yang disediakan oleh aplikasi mobile banking ini, beberapa yang sering digunakan adalah Tabungan dan Giro, Deposito dan Tapenas, Pinjaman, DPLK. Investasi, Pembukaan Rekening dan yang lainnya. Lebih lengkap di Situs BNI Resmi.

Dengan membaca Cara Daftar BNI Mobile Banking Online ini semoga Anda dapat menikmati semua layanan dari BNI lewat aplikasi smartphonennya.

Jika ada pertanyaan jangan malu berkomentar.

Ade Khoerudin wherever, do something good.
WRITTEN BY
Ade Khoerudin wherever, do something good.

One Reply to “Cara Daftar BNI Mobile Banking Online”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *