Cara Backup Kontak

Ade Khoerudin

Ade Khoerudin

Cara Backup Kontak ke Gmail Iphone Xiaomi Terbaru

Bagi yang ingin tahu Cara Backup Kontak ke gmail iphone atau android xiaomi atau yang lainnya silahkan baca artikel ini.

Membackup merupakan sesuatu yang mencegah kita kehilangan data, banyak sekali orang yang merasa datanya amat sangat penting melakukan backup supaya tidak hilang.

Dengan membackup data, kita punya data cadangan apabila data utama hilang. Tentu membackup data harus terus update, jangan sampai data utama kita telah menyimpan 100, backup lama masih menyimpan 80 misal.

Sama halnya dengan membackup kontak, kita perlu backup data realtime setiap minggu sekali, jika kontak yang kita simpan setiap harinya bertambah.

Backup data jaman sekarang lebih mudah karena kita bisa menyimpan datanya di cloud seperti di google drive dsb. Jadi tidak ada alasan lagi kita kehilangan data karena banyak sekali fasilitas untuk membackup data.

Ada dua cara yang akan dijelaskan pada artikel ini, yaitu cara backup secara online dan cara backup offline.

Cara Backup Kontak di HP Iphone & Android

Cara backup yang sangat efektip adalha dengan menyimpannya di cloud, jadi ketika device kita rusak atau hilang, datanya masih bisa kita dapatkan di cloud.

Berbeda halnya ketika kita backup data secara offline di memori card atau memori penyimapan internal, ketika device tersebut hilang maka data akan hilang juga.

1. Cara Backup Kontak di iPhone lewat iCloud

Bagi pengguna iphone, Anda bisa memanfaatkan iCloud utuk menyimpan data yang sangat penting di smartphone, termasuk kontak bisnis Anda.

Langkah-langkah cara backup kontak di iphone adalah sebagai berikut:

  1. Buka iCloud Services. Kemudian Arahkan ke Pengaturan => iCloud => Storage & Backup.
  2. Selanjutnya periksa apakah pilihan iCloud Backup diaktifkan atau tidak. Jika tidak ganti menjadi keadaan aktif.
  3. Kemudian kembali ke layar sebelumnya dan pastikan tombol Kontak beralih ke On.
    Cara Backup Kontak di iPhone lewat iCloud
  4. lalu masuk kembali ke menu Storage and Backup, klik pada tombol Backup now tunggu hingga proses backup selesai
  5. Terakhir jangan lupa klik tombol done jika sudah selesai

Itulah cara backup kontak di iphone secara online, jika Anda ingin membackup secara offline. Anda bisa memindahkan kontaknya ke penyimapanan telpon jangan di sim atau bisa juga Anda backup ke device lain seperti komputer atau laptop.

2. Cara Backup Kontak Android ke Gmail / Google Drive

Cara ini juga efektip buat Anda pengguna smartphone android. karena dengan menyimpan secara online data Anda tidak akan hilang ketika hpnya rusak, hilang, kecemplung, tertigilas truk dsb.

Oleh karena itu banyak sekali orang yang menggunakan cara ini untuk membackup data-data mereka. Dan kerennya lagi, kita bisa update secara realtime data yang ingin kita backup ke layanan google ini. Jadi, data kita aman di databasenya google.

Berikut langkah cara backup kontak android ke gmail:

  1. Buka aplikasi Settings dari hp Android Anda
  2. Pilih opsi “Accounts”
  3. Cari akun Google atau Gmail kamu dan masuk
  4. Pastikan terdapat tanda centang di bagian “Contacts”

Perlu diketahui bahwa google telah membuat layanan penyimpanan kontak secara otomatis, yaitu google contact. Nah dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda sudah mengaktifkan backup kontak android secara otomatis ke gmail, google drive atau google contact.

Jika suatu hari hp android kita rusak atau hilang, kita bisa menggunakan gmail yang pernah digunakan backup untuk mendapatkan data-data lama ke smartphone android barunya.

3. Cara Back Up Kontak Xiaomi dan HP lainnya ke Memori Card

Beberapa orang masih menyukai cara klasik untuk melakukan sesuatu, termasuk membackup kontak secara offline ini. Cara ini mungkin berlaku untuk orang yang tidak mau datanya bocor keluar atau orang yang sangat menjaga privasi.

Kebanyakan orang yang tidak ingin datanya diketahui orang lain akan melakukan hal-hal secara offline. Dengan membackup data offline ini maka data-data kita tidak akan bocor ke pihak manapun.

Salah satu cara untuk membackup kontak offline adalah dengan memanfaatkan memori card. Namun perlu Anda ketahui, jika kita membackup kontak hanya lewat memori card saja, ketika memori card tersebut hilang atau rusak maka datanya akan hilang juga. Jadi kurang efektif jika data yang disimpan sangat penting bagi Anda.

Berikut cara backup kontak xiaomi dan hp lainya ke memori card:

  1. Buka aplikasi “Contacts”
  2. Tekan tombol menu dan masuk ke “Settings”
  3. Pilih “Import/Export
  4. Pilih di mana kamu ingin menyimpan kontak tersebut
  5. Ikuti instruksi yang diberikan

Kekuranganya seperti yang telah dijelaskan di atas.

Baca Juga: Aplikasi Hutang Pulsa Bayar Nanti

Kesimpulan

Sebetulnya masih banyak Cara Backup Kontak yang bisa dilakukan selain ketiga cara di atas. Namun yang paling efektip dari cara-cara lainnya adalah ketiga cara tersebut.

Bagi yang ingin datanya awet, maka wajib sekali untuk backup ke cloud. Namun sebelum backup pastikan membaca dulu privacy policy dari cloud itu sendiri. Bisa saja Anda menyimpan data di cloud yang salah, data Anda dijual atau digunakan hal lain.

Namun sekelas google tidak akan mungkin mengambil data Anda untuk keuntungannya, jadi pastikan jika menyimpan data online di cloud yan terkenal supaya aman.

WRITTEN BY
Ade Khoerudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *